Laporan Keperawatan Anak di TK/PAUD (BAB I)



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Pendidikan adalah hak warga Negara tidak terkecuali pendidikan di usia dini merupakan hak warga Negara dalam mengembangkan potensinya sejak dini. Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan pondasi terbaik dalam mengembangkan kehidupannya di masa depan. Selain itu, pendidikan di ussia dini dapat mengoptimalkan kemampuan dasar anak dalam menerima proses pendidikan di usia-usia berikutnya.

PAUD dari segi landasan pendidikan sangat penting dikembangkan karena berkaitan dengan masa peka anak yang terjadi sejak lahir sampai usia 8 tahun. Masa ini disebut dengan masa keemasan, masa dimana anak memiliki daya serap terhadap lingkingan yang luar biasa. Penyerapan tersebut terjadi karena sel otak pada usia dini bekerja sangat aktif dan mengalami pembentukan. Selain itu, pada saat lahir anak dikaruniai bermilyar sel otak yang siap untuk berkembang. Perkembangan sel otak tersebut perlu terus distimulasi dengan berbagai pengalaman sehingga penyambungan antar neuron di otak tetap kokoh. Stimulasi tersebut dapat dilakukan oleh orang tua ataupun pendidik yang berhubungan langsung dengan anak. Disekolah stimulasi dapat dilakukan dengan beberapa pendekatan. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah dengan kegiatan bermain.
Bermain menjadi sangat esensial ketika pendidik menyadari arti bermain tersebut pada anak. Bermain dapat membentuk seluruh aspek perkembangan anak. Dengan demikian, kegiatan yang dipilih pendidik haruslah mencerminkan keceriaan bermain. Ciri yang mencerminkan jiwa bermain anak yaitu, bebas merdeka, melakukan dengan sukarela, gembira, dan bebas memilih. Hal ini harus menjadi focus utama karena anak banyak belajar dari kegiatan bermain. Bermain yang dimaksudkan adalah bermain yang edukatif dan menjadi kebutuhan anak. Untuk memfasilitasi prinsip bermain dalam pendidikan anak ini, pendidik bertindak sebagai motivator dan fasilitator dalam kegiatan bermain anak.




B.       Tujuan Praktek
1.      Tujuan umum
Setelah menyelesaikan praktek klinik keperawatan di TKIT AL-HASANAH diharapkan mahasiswa mampu dan terampil dalam memberikan asuhan keperawatan pada anak tingkatan usia tolddler dan pra-sekolah berdasarkan teori dan model keperawatan yang pernah dipelajari melalui proses keperawatan. Asuhan keperawatan yang diberikan bersifat promotif, preventif, kuratif, rehabilitative pada anak yang mengalami masalah pertumbuhan dan perkembangan, sesuai tangguang jawab dan tanggung gugat, serta kemampuan yang dimiliki dengan memperhatikan landasan etika profesi keperawatan.
2.      Tujuan Khusus
a.       Mampu mengidentifikasi stuktur organisasi TKIT AL-HASANAH
b.      Mampu mengidentifikasi program pembelajaran di TKIT AL-HASANAH
c.       Mampu mengidentifikasi program unggulan TKIT AL-HASANAH
d.      Mampu mengidentifikasi program kesehatan TKIT AL-HASANAH:
1)   Penimbangan BB dan pengukuran TB
2)   Pemeriksaan kesehatan secara berkala (oleh puskesmas yang terkait)
3)   Pemeriksaan imunisasi
4)   Pemeriksaan gigi dan mulut
5)   Promosi kesehatan dan prilaku sehat:
a)      Penyuluhan kesehatan
b)      Perencanaan PHBS
c)      Penerapan cuci tangan 6 langkah
6)   Mengidentifikasi pelaksanaan deteksi dini tumbuh kembang dengan KPSP
e.  Mampu mengkaji perumbuhan dan perkembangan anak
1)    Menilai pertumbuhan pada anak
2)    Menilai perkembangan anak dengan KPSP
f.       Mampu menentukan masalah yang ditemukan di TKIT AL-HASANAH
g.      Mampu menyusun rencana tindakan
h.      Mampu melakukan tindakan sesuai perencanaan
i.        Mampu melakukan asuhan keperawatan anak sehat pada satu anak (komprehensif sampai dengan follow up care dengan cara kunjungan rumah) :
1)      Mampu mengidentifikasi kondisi keluarga (komposisi lingkungan rumah, kondisi, tradisi, dan interaksi)
2)      Mampu mengidentifikasi status kesehatan anak
3)      Mampu mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan abnormal anak
4)      Mampu merumuskan dan melaksanakan asuhan keperawatan pada anak dengan masalah tumbuh kembang
5)      Mengevaluasi masalah keperawatan yang diberikan

C.      Tempat dan waktu
1.      Tempat
Di TKIT AL-HASANAH yang beralamatkan di Jln. Adam malik RT.14 NO.07 Kelurahan Pagar Dewa
2.      Waktu
Kegiatan praktek klinik perawatan anak ini dilakukan selama 6 hari terhitung sejak tanggal 08-15 Desember 2015. Dengan waktu dinas sejak pukul 07.15-13.00 WIB atau hingga anak didik TKIT AL-HASANAH dijemput pulang oleh keluarga atau pengasuhnya.

D.      Manfaat
1.      Bagi institusi pendidikan
Laporan ini dapat digunakan sebagai bahan bacaan sumber pustaka bagi mahasiswa khususnya mahasiswa Poltekkes Kemenkes Bengkulu dalam melakukan asuhan keperawatan pada anak nantinya.
2.      Bagi TKIT AL-HASANAH
Diharapkan dapat dijadikan sebagai bahann pertimbangan untuk meningkatkan status kesehatan, Pengasawan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak serta peningkatan pencegahan kecelakaan dalam aktivitas bermain anak.
3.      Bagi Penulis
Sebagai data dasar untuk pengembangan laporan keperawatan anak berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRATIKUM UJI BIURET

Pengkajian Keperawatan Komunitas dan Kelompok khusus

Metode Tim | Manajemen Keperawatan